cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022" : 20 Documents clear
Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19: Kesiapan Belajar Daring dan Stress Akademik pada Mahasiswa Khotim Hanifudin Najib; Adhika Alvianto; Ahmad Syauqi Hidayatullah; Trio Ardhian
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.42959

Abstract

Stres akademik di kalangan mahasiswa bisa terjadi karena kesiapan pembelajaran yang kurang baik. Pandemi menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring tanpa ada persiapan yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesiapan pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa dan perbedaan tingkat stres akademik antara mahasiswa dan mahasiswi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi analisis dengan pendekatan cross-sectional. Data penelitian dikumpulkan dari 246 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan skala kesiapan pembelajaran daring yang berjumlah 22 item untuk mengukur tiga sub-aspek yaitu self directed learning, Technical Readiness dan Comfort with non-face to face communication. Pengukuran stres akademik menggunakan Depression Anxiety and Stress Scale 42 (DASS 42) yang berjumlah 49 item untuk mengukur tiga sub-aspek yaitu indikator fisik (14 item), indikator psikis/mental (18 item) dan indikator perilaku (17 item). Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan pembelajaran daring berhubungan positif dengan stres akademik mahasiswa dan ada perbedaan tingkat stres akademik dan kesiapan pembelajaran daring antara mahasiswa dan mahasiswi. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi para dosen untuk memperhatikan kesiapan pembelajaran daring para mahasiswa.
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Menggunakan Media Komik Manga Chibi Digital Muhammad Fahmi Alfarisi; Supeno Supeno; Iwan Wicaksono
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.43122

Abstract

Lemahnya proses pembelajaran di kelas serta rendahnya motivasi belajar peserta didik merupakan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa setelah proses pembelajaran IPA menggunakan media komik manga chibi digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest–posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui peningkatan nilai skor pre-test dan post-test. Rata-rata nilai hasil pre-test keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah 42,18, dengan nilai terendahnya 10 dan nilai tertingginya 70. Rata-rata hasil post-test keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik adalah 63,12 dengan nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi adalah 80. Nilai rata-rata skor N-Gain yang diperoleh adalah sebesar 0,31. Skor N-Gain tersebut termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk komik manga chibi dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir tinggi. Implikasi penelitian ini diharapkan guru agar dapat memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menarik minat siswa.
The Role of Madrasah Principal in Developing the Innovation of The Tahfidzul Qur'an Juz 30 Program Slamet Pamuji; Nurfuadi
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.43279

Abstract

Schools principals as leaders have the task of realizing the vision and also developing innovation in the implementation process. Quality educational institutions can be realized if they are supported by leaders who understand leadership and quality management. Tahfidzul Qur'an Jus 30 is a very important component in determining the competence of graduates. This study aims to analysis the principal's leadership innovation in developing the tahfidzul Qur'an Jus 30 program and the factors that support and hinder it. This study uses a qualitative approach. Methods of data collection is done through observation, interviews, and documentation. While the data validity technique uses triangulation and source methods. Data analysis techniques using interactive models consist of data collection, data reduction, data presentation, and leveraging. The results of this study indicate that the principal works as an innovator and also a very good supervisor. This can be seen from how the principal in making innovations and supervising the tahfidzul Qur'an team in the tahfidzul Qur'an Jus 30 learning activities, as a result, students and students managed to achieve the competencies that had been determined and even surpassed it.
Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru-Guru IPA di Sekolah Menengah Pertama Ida Ayu Putu Surya Hantari; I Wayan Redhana; Ida Bagus Jelantik Swasta
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.43428

Abstract

Pembelajaran daring dilaksanakan sebagai langkah tepat untuk dapat mencegah dan menekan penularan virus covid-19, sehingga peserta didik tidak akan ketinggalan pelajaran sebagaimana yang telah direncanakan dalam kurikulum selama satu tahun ajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 oleh guru-guru IPA di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru ipa dan guru mata pelajaran lainnya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dialami guru dalam penerapan kebijakan pemerintah tentang pembelajaran daring,  perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yaitu meliputi penerapan pembelajaran daring yang dari kebijakan pemerintah menjadi tantangan bagi guru dalam proses pembelajaran dan dirasa kurang maksimal, platform-platform pendukung pembelajaran daring yang asing bagi guru-guru karena minimnya pengetahuan tentang teknologi, persiapan yang ekstra agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh saat pelaksanaan pembelajaran daring, kouta, jaringan serta alat pendukung yang kurang, (evaluasi yang dirasa kurang karena tidak bertatapan langsung membuat guru kesulitan dalam melakukan evaluasi. Adapun kendala-kendala yang dialami dapat menjadi tantangan bagi guru agar lebih meningkatkan lagi pelaksanaan pembelajaran daring serta pembelajaran yang kurang efektif perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya.
Minat Baca dan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan Fitri Yani; Muhammad Khoirul Ritonga
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.43787

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan lembaga yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika yang bersangkutan, melalui fungsinya memberikan layanan informasi, penyediaan sarana prasarana dan bahan pustaka serta menyimpan dan melestarikannya untuk berbagai kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat baca mahasiswa serta minat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi penelitian sebanyak 413 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin, sehingga didapatkan jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 81 mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuisoner, dengan instrumen penelitia berupa 10 pertanyaan dengan jawaban setuju dan tidak setuju. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan bentuk tabulasi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca serta minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan masih tergolong rendah, hal ini ditunjukkan dari pernyataan mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari sumber bacaan di internet dibandingkan mencari dari buku. Peningkatan jumlah minat baca serta minat kunjungan mahasiswa ke perpustakaan dapat dilakukan dengan meningkatkan pelayanan  serta kelengkapan buku di perpustakaan.
Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Materi Jurnal Penyesuaian Akuntansi Perusahaan Jasa Hilda Halimatusa’diyah; Rochanda Wiradinata; Yopi Nisa Febianti
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.43949

Abstract

Media pembelajaran yang dipakai pada saat pembelajaran di kelas akuntansi masih kurang optimal, karena guru mengajar mata pelajaran akuntansi masih menggunakan metode ceramah dan cara mengajar yang monoton sehingga mengakibatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran akuntansi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi jurnal penyesuaian akuntansi perusahaan jasa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Partisipan dalam penelitian ini melibatkan satu orang ahli media dan satu orang ahli materi (Guru). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Hasil angket ahli materi mencapai jumlah rata-rata skor 4,20 yang menyatakan layak, hasil angket ahli media mencapai jumlah rata-rata skor 4,40 yang menyatakan sangat layak, dan uji coba penggunaan media ke siswa mencapai jumlah rata-rata skor 4,35 yang menyatakan sangat layak. Hasil respon guru adalah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran bagi seorang guru itu penting, untuk membantu menyampaikan materi dengan cara yang menarik sehingga siswa tidak bosan dan pembelajaran juga tidak monoton, Maka, media pembelajaran berbasis Adobe Flash layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan membantu guru dalam membuat media pembelajaran yang interaktif.
Tipe-Tipe Budaya Politik Dikalangan Siswa/Siswi IPS Isni Majidah; Agus Anjar
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.44119

Abstract

Peranan budaya politik terhadap kemajuan suatu negara memang sangat berpengaruh besar semakin baik politiknya. Maka, semakin maju suatu negara tersebut dengan banyak program-program yang dibuat oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tipe-tipe budaya politik dikalangan siswa/siswi IPS. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri 3 guru serta responden sebagai sampel sebanyak 78 siswa. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Penelitian menggunakan teknik untuk menganalisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan budaya politik masih ada tipe-tipe budaya politiknya, budaya politik parokial dimana budaya politik yang tingkat partisipasinya sangatlah rendah menunjukkan siswa banyak yang tidak mengikuti kegiatan organisasian sekolah. Adapun budaya politik kaula, budaya politik yang sudah adanya tingkat kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan keorganisasian namun hanya bersifat pasif tidak memberikan gerakan ataupun kegiatan yang mengundang siswa lain untuk ikut masuk kedalam organisasi tersebut. Dan budaya politik partisipan yang tingkat kesadaran siswa sangat tinggi untuk mengikuti keorganisasian sekolah sehingga ada kemajuan untuk dirinya. Maka, masih banyak siswa yang kurang kesadarannya tentang pentingnya budaya politik disekolah seperti mengikuti kegiatan organisasi intra sekolah (OSIS). Implikasi penelitian ini diharapkan siswa memiliki kesadaran untuk meningkatkan minat dalam mengikuti kegiatan OSIS.
Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pernapasan Hewan Putu Ayu Windiani; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.45354

Abstract

Kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif yang dimanfaatkan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode non tes berupa angket, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancang bangun media pembelajaran interaktif pengembangannya melalui lima tahapan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik yang dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi (konten) pembelajaran dengan persentase 100% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase 89,58% dengan kualifikasi baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran mencapai persentase 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan yang mencapai persentase 94,69% dengan kualifikasi sangat baik, serta hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai persentase 93,93% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi berdasarkan hasil uji kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik menunjukkan hasil yang sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar dapat membangkitkan keinginan dan minat siswa, membangkitkan motivasi dan rangsangan kepada siswa dalam kegiatan belajar.
Model Pembelajaran Mind Mapping dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Yusi Natasia; Safrul
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.46116

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dapat dilihat dari kurangnya motivasi belajar sehingga membuat sisiwa kurang aktif di pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen atau disebut juga dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini disebut sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam mengukur motivasi belajar siswa adalah angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig untuk  uji t motivasi belajar adalah 0,891 dan untuk nilai ttabel 0,266 dengan alpha 0,05. Simpulan penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Oleh sebab itu, model pembelajaran mind mapping dapat membuat motivasi belajar peserta didik menjadi baik agar dapat membuat peserta didik selalu aktif, kreatif dan mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru, serta membuat peseta didik lebih mudah dalam mencatat materi dengan poin-poin penting yang dipahaminya dengan bahasanya sendiri.
Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Organ Pencernaan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar I Made Pande Adi Arimbawa; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i2.46195

Abstract

Kurang tersedianya LKPD yang menarik dan dapat membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk lembar kerja peserta didik berbasis guided inquiry pada materi organ pencernaan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji dalam penelitian ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 orang peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil review ahli isi pembelajaran menunjukkan kualifikasi baik (85,41%). Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (93,75%). Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (90,62%). Hasil uji coba perorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik (95,23%). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik (91,66%). Jadi LKPD berbasis Guided Inquiry layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Implikasi dari penelitian berupa mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20